Recent Videos

Thursday, April 7, 2016

Tips Merakit PC Gaming

PC (Personal Computer) Gaming adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang atau pribadi yang bertujuan untuk melakukan aktvitas gaming ataupun berbagai jenis pekerjaan seperti rendering video, merancang suatu program game dan hal – hal lain yang berhubungan dengan multimedia. Sebuah PC Gaming tidak bisa menjalankan sebuah game dalam kemampuan maksimalnya jika tidak dirakit dengan kombinasi yang benar, kita harus memperhatikan komponen – komponen penyusun dalam PC tersebut. Berbagai aspek perlu diperhatikan dalam pemilihan komponen penyusun dalam sebuah PC, Misalnya apakah komponen dalam PC itu kompatibel dengan komponen lainnya ataupun dengan Game / Software yang akan kita pakai nanti.
Nah, saat ini saya mencoba untuk membahas komponen – komponen apa saja yang perlu di perhatikan saat merancang atau merakit sebuah PC.
1.      Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).
Mengingat fungsinya yang begitu krusial, memilih motherboard jelas merupakan salah satu bagian paling penting dalam membangun komputer. Jangan sampai motherboard yang anda pilih malah tidak kompatibel dengan komponen lainnya yang telah dibeli.
Dalam dunia gaming pilihlah jenis Motherboard yang mempunyai merk terbaik karena berpengaruh terhadap ketahanan dan kecepatannya, disarankan memilih merk Asus, Gigabyte, Asrock atau MSI.
Pastikan Juga anda membeli Motherboard intel dengan socket LGA 1150 keatas, karena sudah mendukung processor intel generasi terbaru yaitu intel 4 generation i3, i5 dan i7 Haswell series. Sedangkan untuk AMD pilihlah mobo dengan socket AM3 karena sudah support processor paling cepat dari AMD.
2.      Processor
Prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
Dalam menjalankan aktivitas gaming perlu di perhatikan hal – hal yang mendasar pada saat anda memilih prosesor, hal – hal tersebut seperti kecepatan inti prosesor, jenis teknologi yang dipakai, jenis motherboard yang di gunakan sampai seberapa besar penggunaan daya listrik prosesor tersebut. Biasanya dalam dunia gaming inti prosesor yang recommended digunakan minimal intel core i3 dan AMD Phenom Black dan jika anda memiliki budget yang lebih bisa memilih intel core i5 atau i7 dan AMD Vishera FX.
3.      VGA (Video Graphic Array)
VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor.
Dalam bermain game, VGA merupakan bagian terpenting yang menentukan kinerja dari gaming PC anda. VGA yg tertanam di dalam kartu grafis dirancang secara khusus hanya untuk menangani proses menampilkan grafis di layar monitor Anda. Unit pengolah grafis yg dinamakan VGA terintegrasi atau terhubung pada sebuah kanal memory subsystem khusus yg disebut "Video Random Access Memory" atau VRAM.
Dalam pemilihan tipe VGA untuk gaming, disarankan untuk memakai Nvidia seri GT 700,800,900 atau jika anda mempunyai budget yang lebih, bisa memakai seri GTX 900 yang terbaru. Di seri AMD anda bisa memakai tipe R7, R8 ataupun R9 series.
Dalam VGA Gaming juga dikenal adanya istilah dual graphic atau penggunaan dua buah kartu grafis yang saling terintegrasi untuk mendapatkan performa terbaik dalam bermain game. Teknologi dual graphic ini dikembangkan oleh 2 produsen VGA ternama, yaitu Nvidia dengan teknologi SLI-nya dan AMD dengan teknologi Crossfire.
4.      RAM
Random-Access Memory atau biasa disingkat RAM adalah bagian paling penting keempat dari komputer. RAM berfungsi menyimpan data secara tidak permanen, jadi data yang dibutuhkan dan diproses akan disimpan dalam sebuah storage yang akan langsung digunakan komputer. Semakin besar RAM, semakin besar informasi yang bisa langsung diproses, dan berarti semakin cepat juga komputer melakukan berbagai perintah yang diberikan.
Dalam pemilihan RAM untuk gaming, yang perlu dilihat adalah serinya. Misal, jika anda membeli dua buah RAM pastikan yang sejenis. Contoh, RAM PC12800 Anda juga harus membeli RAM yang satunya dengan seri PC12800 juga.Untuk serinya itu harus sama, kalau tidak sama bisa berbahaya. Juga untuk kepasitasnya itu, diusahakan sama, karena jika seri dan kapasitas RAM tersebut tidak sama, maka kinerjanya tidak akan sangat stabil. Contoh, kenapa sebuah merk menjual paket 2x4 buah RAM dengan kapasitas yang sama, karena itulah alasananya.
5.      Power Supply
Semakin canggih komponen-komponen yang anda gunakan, tentunya semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Power supply, sesuai dengan namanya, akan menyuplai PC Gaming anda dengan daya yang dibutuhkan. Dalam memilih Power Supply, kita harus menyesuaikannya dengan daya yang dibutuhkan oleh komponen – komponen yang ada dalam PC Gaming kita.
Power Supply murahan , atau bawaan cassing memiliki effisiensi di bawah 65 %. Saat anda bermain game dan semua hardware membutuhkan daya maksimal, sedangkan Power Supply anda memberikan daya 50 % nya saja, akibatnya komponen anda akan mengalami kekurangan daya yang mengakibatkan kerusakan permanen. Jadi berhati – hatilah dalam memilih power supply.

0 comments:

Post a Comment